Directory of Open Access scholarly Resources (ROAD)


http://road.issn.org/en

Terdapat 13.745 open access resources dari 150 Negara siap diunduh, terdiri dari:
13.062 journal diantaranya 2.625 yang terindex Scopus
240 Academic Repositoriies
202 Monographic Series
126 Conference Proceeding
103 Scolarly Blogs

Dari 2.625 OAJ yg terindex Scopus, 1 milik Indonesia dan 9 milik Malaysia. Selama ini sudah sangat banyak beredar berbagai Open Access Journals seperti yg dikelola Sciencedirect/Elsevier, DOAJ, Wiley, OMICS, PLOTS, OAJSE dll Tapi masih langka yang telah dilengkapi dengan SEARCH by COUNTRY (150 negara), lembaga pemeringkatan, dan update terus. Kalo OneSearch dari PNRI hanya ada 472 e-jurnal gratis dgn terbitan tertentu, walo ada menu search by country tapi hanya terbitan tertentu yg diberi, bukan database open access resources.

Cara mempergunakqn ROAD ini sangat simple, kalo ada judul atau ISSN atau topik bisa langsung search, atau melalui Advanced Search yang terdapat di bawah kata OK akan keluar link ini:
http://road.issn.org/issn_search?show-adv=1

Silakan pergunakan Search In Road Directory, kalo masih bingung apa yang mau dicari. Bisa mulai dari Negara yang diminati, umpamanya saya mau ambil OAJ dari Indonesia, set aja country ke Indonesia lainnya dikosongkan, setelah itu klik search akan keluar 48 resources yang siap diakses.

Kita perhatikan di menu vertikel sebelah kiri, nampak yg terindex scopus 1 dan DOAJ ada 10. Klik di kata Scopus atau DOAJ atau Subject akan mengarahkan kita ke nama jurnal tsb. Misalnya saya klik di Scopus, maka akan keluar nama jurmal Al-Jamiah dari Universitas Islam Sunan Kalijaga, di sebelah kanan ada link berwarna biru, diklik akan membawa kita menuju portal jurnal yg dimaksud yang sudah siap dengan berbagai informasi , misalnya panduan utk pembaca dan penulis, search by issue, by title, by author, by topics/subjects, sehingga dengan mudah kita diarahkan ke free atau open access journal yg bisa diunduh full text.

OOT dari topik ROAD:

Untuk open assess journals Elsevier, kita juga bisa pergunakan:
http://journalfinder.elsevier.com
Dengan mengisi kata kunci title dan abstrak dan conteng kotak Filter : Limit to journals with Open Access options.
Atau langsung aja menuju OAJ terindex Scopus yang dikelola Elsevier/Sciencedirect di:
http://www.sciencedirect.com/science/journals/all/all-open-access
Kelihatannya terdapat 2.282 jurnal, namun hanya Edisi tertentu dari jurnal tsb yg free, masih lebih keren ROAD di atas yg langsung bawa kita ke database jurnal yg berisi informasi lengkap termasuk keseluruhan edisi yang open access dan update sampai kini.

Atau bagi yg ingin 472 jurnal gratis nasional dan internasional yg dikelola Perpustakaan Nasional RI bisa langsung ke link di bawah ini dgn manfaatkan Narrow Search yg sudah tersedia :
http://onesearch.id/Summon/Search
Ini juga url jurnal dengan edisi tertentu, bukan portal jurnal atau database yg berisi keseluruhan informasi seperti yang disajikan ROAD.

Selamat menikmati,
Fitri.