1 ) Kursi Sisa SNMPTN Rawan Penyelewengan
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/05/29/m4s55q-kursi-sisa-snmptn-rawan-penyelewengan

Wednesday, 30 May 2012, 01:45 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA–Setidaknya ada sekitar 5000an kursi kosong jalur undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Sebab, dari 236.811 pendaftar jalur undangan sebanyak 4.928 siswa dinyatakan tidak lolos seleksi. Pemerhati pendidikan Jawa Timur, Zainuddin Maliki mengungkapkan, panitia SNMPTN harus berhati-hati dengan kekosongan kuota tersebut. Sebab, kursi kosong tersebut dinilai sangat rawan untuk tindakan penyimpangan. “Saya meminta, panitia SNMPTN berhati-hati dengan kosongnya 4.928 peserta yang gugur dalam seleksi. Karena ini rawan penyimpangan,” katanya pada wartawan, Selasa (29/5). Zainuddin menambahkan, seharusnya dengan jumlah pendaftar yang ada tidak perlu ada kursi kosong dalam seleksi jalur undangan ini. Anggota Dewan Pendidikan Jatim ini mengungkapkan ketidakpercayaannya dari jumlah pendaftar masih tidak ada yang memenuhi kualifikasi. Sebab, jika dibiarkan kosong, besar kemungkinan akan terjadi praktek jual beli kursi untuk Perguruan Tinggi Negeri.

…dst

2 ) 4.928 “Kursi Kosong” Dialihkan ke Ujian Tulis
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/30/07472214/4.928.Kursi.Kosong.Dialihkan.ke.Ujian.Tulis

Rabu, 30 Mei 2012 | 07:47 WIB
Jakarta, Kompas – Sebanyak 4.928 “kursi kosong” dari jalur undangan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri atau SNMPTN yang tidak terpenuhi akan dialokasikan untuk menambah alokasi kursi di jalur ujian tulis SNMPTN. Hal itu dikemukakan Ketua Panitia SNMPTN 2012 Ahmaloka yang juga Rektor Institut Teknologi Bandung, Selasa (29/5), dari London, Inggris. “Sebenarnya banyak PTN besar yang kuota jalur undangannya sudah terisi lebih. Yang banyak kosong ada di PTN di daerah-daerah. Nanti akan ada evaluasi untuk jalur undangan,” ujar Ahmaloka. Seperti diberitakan sebelumnya, kuota jalur undangan sebanyak 58.329 mahasiswa tidak terpenuhi karena hanya ada 53.401 mahasiswa yang diterima melalui jalur undangan. Tidak terpenuhinya kuota tersebut karena persyaratan standar nilai minimal tidak terpenuhi, tetapi ada pula karena program studi tertentu kurang menarik bagi calon mahasiswa baru.

…dst

3 ) ITB dan Unpad Terima Mahasiswa Jalur Undangan
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/05/29/m4rx78-itb-dan-unpad-terima-mahasiswa-jalur-undangan

Tuesday, 29 May 2012, 14:37 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG– Dua PTN di Bandung, Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjadjaran (Unpad), telah mengumumkan jumlah calon mahasiswa diterima melalui jalur undangan yang meliputi juga calon mahasiswa penerima program Bidik Misi. Pada 2012 ITB menerima 1.979 calon mahasiswa baru dari jalur undangan yang merupakan 60 persen dari total kuota. Sedangkan Unpad menerima 522 calon mahasiswa yang berhasil lolos melalui jalur undangan dari jumlah pendaftar sebanyak 24.910 orang. Sub Bidang Informasi dan Humas Panitia Pelaksana SNMPTN 2012 Panlok Bandung, Weny Widyowati menghimbau bagi peserta jalur undangan yang tidak lolos masih memiliki kesempatan mengikuti SNMPTN 2012 jalur ujian tertulis.

…dst

4 ) PTN Siap Jalani Tarif Kuliah Tunggal
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/499094/

Wednesday, 30 May 2012
SEMARANG– Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyatakan kesiapannya memberlakukan tarif kuliah tunggal (TKT) jika sudah ditentukan pemerintah. Melalui TKT,mahasiswa akan membayar sekali selama mengenyam bangku kuliah. Rektor Undip Sudharto P Hadi mengatakan, saat ini pemerintah tengah mengumpulkan 40 perguruan tinggi negeri (PTN) se-Indonesia terkait pemberlakuan tarif tunggal tersebut. “Memang terkesan mendadak dan mengejutkan. Untuk Undip, kami cukup tenang mengingat Unnes dan UNS (Universitas Sebelas Maret) akan melaksanakan keputusan tersebut,”katanya kemarin. Selama ini mahasiswa yang kuliah dikenakan biaya yang harus dibayarkan pada awal perkuliahan serta tiap semester.Melalui tarif tunggal,nanti akan menjadi satu dan biaya yang diwajibkan terkesan membengkak. “Padahal, sebenarnya jika diperinci sama. Dengan tarif tunggal, kami akui aliran keuangan Undip akan kacau karena biaya kuliah baru dibayarkan pada semester kedelapan,” ungkapnya.

…dst

5 ) Unipa Terima 1.500 Mahasiwa Baru
http://www.jpnn.com/read/2012/05/30/128882/Unipa-Terima-1.500-Mahasiwa-Baru-

Rabu, 30 Mei 2012 , 02:02:00
MANOKWARI – Rektor Unipa (Universitas Negeri Papua), Dr Suriel Mofu berharap,makin banyak lulusan SMA/SMK yang memilih perguruan tinggi negeri ini untuk melanjutkan pendidikan. Sebab, dalam setiap tahun penerimaan mahasiswa baru, kuota yang disediakan tak pernah terisi penuh.Suriel Mofu yang baru seminggu lebih dilantik sebagai Rektor Unipa ini menyebut, perguruan tinggi yang dipimpinnya ini menerima calon mahasiswa sebanyak-banyaknya. `’Persoalannya,kuota yang tersedia tidak pernah mencapai jumlah maksimal yang kita inginkan,” tandasnya. Dalam menjaring mahasiswa baru ini, Unipa membuka semua jalur penerimaan, baik jalur undangan, juga jalur SNMPTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri),seleksi lokal. Sehingga ditargetkan, dalam tahun ini Unipa bisa menerima 1.200-1.5000. `’Dan tahun sebelumnya partisipasi dari jalur undangan ini tak mencapai 50 persen,” imbuhnya. Dikatakan, penerimaan mahasiswa baru sebanyak 1.200-1.500 orang,disesuaikan dengan daya tampung Unipa. Namun demikian, dalam menjaring mahasiswa baru ini,Unipa harus bersaing dengan sejumlah perguruan tinggi dari luar Papua yang ikut mencari mahasiswa dari Papua. `’Kita harus berkompetisi juga dengan perguruan tinggi dari luar yang cari mahasiswa di Papua,” tandasnya.

…dst

6 ) Rektor Dinilai Tak Kooperatif
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/499087/

Wednesday, 30 May 2012
SEMARANG– Jajaran Polrestabes Semarang terus mengusut sejumlah pihak yang diduga terlibat dalam kasus ijazah palsu di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang. Untuk membongkar sindikat pemalsu ijazah yang lebih besar, termasuk dugaan keterlibatan pejabat institusi yang bersangkutan,penyidik Reserse Kriminal terhambat tidak kooperatifnya saksi.Termasuk Rektor Unissula Prof Laode Masihu Kamaluddin. Keterangan dari Rektor Unissula itu diperlukan untuk mengetahui siapa–siapa saja yang terlibat.”Tapi, yang bersangkutan malah mangkir dari panggilan pemeriksaan penyidik, hari H dipanggil,hari H itu juga dia pergi ke Thailand.Terus terang penyidikan terhambat, tapi kami tetap jalan terus,” papar Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Elan Subilan ketika ditemui di Mapolrestabes Semarang,kemarin. Elan sangat menyayangkan permintaan beberapa pihak agar polisi menghentikan kasus tersebut. Elan, selaku pimpinan Polrestabes Semarang, tak habis pikir dengan permintaan yang datang dari beberapa orang tersebut.

…dst

7 ) Alumni ITB Dilaporkan Kasus Dugaan Plagiarisme
http://www.tempo.co/read/news/2012/05/29/079406963/Alumni-ITB-Dilaporkan-Kasus-Dugaan-Plagiarisme

SELASA, 29 MEI 2012 | 17:37 WIB
TEMPO.CO, Garut – Mahasiswa Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Garut, Gun Gun, melaporkan dosennya, Aswan, dalam kasus dugaan plagiarisme. Gun Gun melaporkan alumni Institut Teknologi Bandung itu atas tudingan telah mencaplok karya tulis tanpa sepengetahuan dirinya. Karya tulisnya itu, menurut Gun Gun, termuat dalam buku berjudul Kumpulan Program Kreatif dengan Visual basic.netterbitan Informatika. “Saya ditipu, hasil intelektual saya ditipu dosen yang dulu saya kagumi,” ujar Gun Gun, Selasa, 29 Mei 2012. Menurut dia, kejadian itu bermula saat dirinya mengajukan tulisan mengenai pemrograman komputer untuk dijadikan buku kepada Aswan pada akhir 2011. Melihat tulisan itu, Aswan pun meminta Gun Gun untuk memperbaikinya agar dapat disusun dalam bentuk buku. Permintaan itu pun dituruti hingga selesai. Namun, saat materi tulisan akan diserahkan ke penerbit, Aswan meminta pembagian keuntungan sebesar 40 persen. Bahkan buku itu pun telah dibeli sebesar Rp 24 juta. Padahal sebelumnya Aswan berjanji akan memberikan seluruh royalti dari buku itu kepada Gun Gun. “Saya pun menyetujui tawaran itu,” ujar Gun Gun.

…dst

8 ) Untar Menangkan Kompetisi Debat Konstitusi MK
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/498988/

Wednesday, 30 May 2012
BANDUNG—Tim debat Universitas Ageng Tirtayasa (Untar) Kota Serang Provinsi Banten memenangkan final Kompetisi Debat Konstitusi antar perguruan tinggi se- Indonesia 2012 tingkat regional V di Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Jalan Ciumbuleuit,kemarin. Kompetisi ini dilaksanakan atas kerjasama Mahkamah Konstitusi (MK) dan Unpar dan diikuti belasan fakultas Hukum perguruan tinggi se-Jawa Barat dan Banten.Di antaranya Unpar sebagai tuan rumah, Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN), UIN Syarif Hidayatullah, Universitas Komputer Indonesia (Unikom) dan lainnya. Setelah babak penyisihan, empat perguruan tinggi yakni Unpar,Universitas Pasundan (Unpas), Untar, dan Universitas Padjadjaran (Unpad)mewakili regional V di ajang final se-Indonesia nanti. Debat final kemarin dengan tema “Outsourcing” (tenaga alih daya) dalam pekerjaan berlangsung seru, dan menghasilkan tim favorit yakni dari IPDN.Namun untuk juara pertama diraih oleh tim Richa Septiawan,Nurlatifah Alhasyimi, Eli Ermawati, dan dosen pembimbingnya Nur Ikah. “Ini adalah wujud kontribusi dari mahasiswa sebagai anak bangsa, dalam persatuan di ajang ini akan saling mencermati isu-isu dan berbagi wawasan luas di sini,” ujar perwakilan tuan rumah Wakil Rektor I Unpar Yus Sugeng Prasetyo usai memberi selamat Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi Janedjri M. Gaffar yang turut hadir dalam acara penutupan itu mengapresiasi para mahasiswa yang lebih paham akan konstitusi.

…dst

9 ) Dahlan: mobil listrik bisa diproduksi 2013
http://www.antaranews.com/berita/313211/dahlan-mobil-listrik-bisa-diproduksi-2013

Rabu, 30 Mei 2012 04:03 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan mobil listrik sudah mulai dapat diproduksi pada 2013 mendatang. “Tahun depan mobil listrik sudah mulai bisa diproduksi, tetapi tentu saja harus dikaji terlebih dahulu,” kata Dahlan usai menghadiri Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia (APKI) 2012 di Jakarta, Selasa. Menurut Dahlan, akan segera dilakukan proses prototype dalam waktu dekat guna mendorong produksi mobil listrik tersebut. “Kalau untuk jenis city car yang dapat menampung empat orang, kemungkinan akan selesai satu bulan mendatang, tetapi kalau untuk yang sekelas Ferrari membutuhkan waktu dua bulan,” kata Dahlan. Dahlan mengungkapkan PT Pindad, PT Inka dan PT DI akan bertugas membuat prototype mobil listrik tersebut sekaligus memproduksinya. “Selanjutnya, baru kita akan bisa melihat siapa yang mebih mampu memproduksi mobil tersebut, bisa salah satunya atau keduanya, atau bahkan join,” kata Dahlan. Selain menjadi produsen mobil listrik, lanjut Dahlan, Indonesia juga akan menjadi produsen motor penggerak. Motor penggerak ini selanjutnya akan digunakan untuk memproduksi mobil listrik.

…dst

10 ) Tokoh-tokoh Dukung Universitas Pancasila Jadi PTN
http://www.tempo.co/read/news/2012/05/29/079407008/Tokoh-tokoh-Dukung-Universitas-Pancasila-Jadi-PTN

SELASA, 29 MEI 2012 | 20:54 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie mendukung rencana mengubah Universitas Pancasila (UP) yang swasta menjadi perguruan tinggi negeri (PTN). Ia mengatakan pemerintah perlu memiliki kampus yang fokus meneliti ide tentang pancasila. “Ketika muncul ide mengubah UP menjadi kampus negeri, tanpa pikir panjang saya setuju,” kata Jimly di Universitas Pancasila pada Selasa siang, 29 Mei 2012. Jimly mengatakan peralihan UP dari kampus swasta menjadi negeri tak akan membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Ia mengatakan sumber daya dan finansial UP saat ini sudah kuat. “Sudah bisa mengelola dengan otonom,” katanya. Ketua Harian Pusat Studi Pancasila UP Yudi Latif mengatakan nantinya UP berkomitmen untuk mengembangkan studi tentang pancasila. UP akan mengintegrasikan studi tentang pancasila ke dalam kurikulum.

…dst

11 ) Survei: FEM-IPB “best marketing and management school 2012”
http://www.antaranews.com/berita/313223/survei-fem-ipb-best-marketing-and-management-school-2012

Rabu, 30 Mei 2012 07:41 WIB
Bogor (ANTARA News) – Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor menyabet penghargaan “Best Marketing and Management School” 2012. Kepala Hubungan Masyarakat IPB Ir Henny Windarti, M.Si di Bogor, Rabu, menjelaskan, terpilihnya Departemen Manajemen FEM menyandang predikat bergengsi itu berdasarkan hasil survei Majalah MIX (Marketing Communication Magazine). Ia menjelaskan, hasil survei tersebut akan dimuat di Majalah MIX edisi Juni 2012. Setiap tahun, katanya, Majalah MIX mengadakan survei semacam itu terhadap universitas negeri dan swasta di Indonesia. Departemen Manajemen FEM IPB, kata dia, merupakan departemen yang masih tergolong muda usianya dibandingkan dengan departemen lain di IPB. Ia menjelaskan, Departemen Manajemen FEM IPB berdiri pada 6 April 2001, sedangkan IPB berdiri 1963. Ia mengemukakan, Departemen Manajemen FEM IPB mempunyai ciri khas yang unik.

…dst

12 ) AIPI: Indonesia butuh pendanaan riset yang fleksibel
http://www.antaranews.com/berita/313057/aipi-indonesia-butuh-pendanaan-riset-yang-fleksibel

Selasa, 29 Mei 2012 14:15 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Sekretaris Jenderal Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) Prof. Budi Suyitno mengatakan Indonesia membutuhkan mekanisme pendanaan riset yang lebih fleksibel untuk mendukung kemanjuan bangsa pada masa mendatang.”Selama ini pembiayaan riset melalui APBN masih banyak mengalami hambatan sehingga berpengaruh pada kinerja riset,” kata Budi saat memberikan sambutan dalam seminar “National Science and Innovation Funding Mechanism” di Jakarta, Selasa.Menurut dia, kegiatan riset mempunyai sifat yang berbeda dengan kegiatan proyek Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) lain yang pencairan dananya mengikuti jadwal fiskal pemerintah.Dana riset, lanjut dia, harus bisa dicairkan tanpa mengikuti jadwal fiskal yang berlaku dimana dana cair pada Maret-April dan pada November laporan sudah harus masuk.Ia menambahkan, proses penelitian membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mencapai hasil karenanya pendanaan riset harus berjangka panjang atau multi years.

…dst

13 ) Indiana University Jajaki Kerja Sama di Indonesia
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/29/18480916/Indiana.University.Jajaki.Kerja.Sama.di.Indonesia

Selasa, 29 Mei 2012 | 18:48 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Perguruan tinggi Amerika Serikat (AS) melirik Indonesia untuk menjalin kerja sama bidang pendidikan. Pentingnya terpaan internasional pada mahasiswa dan dosen membuat kerja sama pendidikan lintas negara semakin berkembang. Salah satu perguruan tinggi AS yang melirik Indonesia adalah Indiana University. Kunjungan Presiden Indiana University Michael McRobbie ke Indonesia hingga Kamis (29/5/2012) mencari peluang untuk menjalin kerja sama dengan pendidikan tinggi di Indonesia. Kerjasama Indiana University terjalin dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada Jumat pekan lalu. Kerja sama kedua kampus ini dalam pertukaran pelajar dan dosen.

…dst

14 ) Pelajar 16 Tahun Ini Pecahkan Misteri Zaman Newton
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/29/373/637558/pelajar-16-tahun-ini-pecahkan-misteri-zaman-newton

Selasa, 29 Mei 2012 15:09 wib
JERMAN – Shourryya Ray, pelajar 16 tahun dari Jerman, memecahkan masalah matematika yang menjadi teka-teki para matematikawan sejak zaman Isaac Newton, lebih dari 350 tahun lalu. Ray memenangi penghargaan riset dan didapuk sebagai anak jenius setelah menyelesaikan dua masalah dalam teori partikel dinamis. Sebelumnya, para fisikawan hanya dapat mengira-ngira jawabannya dengan menggunakan berbagai program komputer. Solusi yang ditawarkan remaja ini memungkinkan perhitungan tepat untuk lintasan dalam pengaruh gravitasi dan mendapatkan hambatan udara. Dengan kata lain, kita dapat mengalkulasi lintasan sebuah subjek yang terbang. Solusi ini juga dapat memprediksikan bagaimana objek tersebut akan menyentuh dan memantul dari penghalang. Kedua pertanyaan ini pertama kali muncul pada abad ke-17 dan 19.

…dst