1 ) Pendaftaran SNMPTN 2012 Diperpanjang
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/06/01/m4x6hi-pendaftaran-snmptn-2012-diperpanjang

Friday, 01 June 2012, 10:46 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2012 yang seharusnya berakhir Kamis (31/5) pukul 22.00 WIB, diperpanjang hingga Sabtu (2/6) pukul 22.00 WIB. Humas Panitia Lokal SNMPTN 2012 Bandung, Weny Widyowati, di Bandung, Jumat, menjelaskan bahwa perpanjangan pendaftaran tersebut hanya berlaku untuk mengisi formulir pendaftaran di situs: www.snmptn.ac.id. Sedangkan batas waktu pembayaran biaya ujian di Bank Mandiri, ujar dia, tetap berakhir pada 31 Mei 2012. “Bagi calon peserta yang sudah melakukan pembayaran biaya ujian sampai batas waktu pembayaran 31 Mei, tetapi belum melakukan pendaftaran ‘on line’, diberikan kesempatan untuk menuntaskannya sampai tanggal 2 Juni pukul 22.00 WIB,” ujar Weny. Ia mengimbau, agar para calon peserta dapat memanfaatkan waktu perpanjangan pendaftaran sebaik-baiknya tanpa menunda lagi pendaftaran secara “on line”. “Terutama bagi calon pendaftar yang sudah memiliki semua persyaratan pendaftaran dan sudah yakin dengan pilihan program studinya,” ujar dia.

…dst

2 ) Berlatih Soal-Soal SNMPTN di Situs Ini
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/31/373/639201/berlatih-soal-soal-snmptn-di-situs-ini

Jum’at, 01 Juni 2012 09:01 wib
JAKARTA – Cemas karena tidak mengikuti bimbingan belajar (bimbel) menjelang Ujian Tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)? Situs ini punya jawabannya. Di sini kamu bisa berlatih mengerjakan ribuan soal SNMPTN Ujian Tulis secara intensif dan gratis. Klik saja masuknegeri.com. Situs besutan PT Kreasi Online Indonesia (Suitmedia) ini lahir karena tingginya minat lulusan SMA untuk dapat menembus SNMPTN. CEO Suitmedia Muhammad Fajrin Rasyid menyatakan, persaingan yang ketat membuat para siswa pun berlomba menyiapkan diri dengan mengikuti bimbel, menghadirkan guru privat, hingga berlatih mengerjakan soal secara mandiri melalui buku-buku kumpulan soal. Namun, kata Fajrin, hal tersebut tidak bisa diperoleh para siswa di kota kecil atau pun mereka yang berasal dari ekonomi terbatas. “Akses internet sudah menjangkau banyak wilayah dengan biaya terjangkau. Dengan belajar soal-soal SNMPTN yang ada di situs ini, calon mahasiswa bisa merintis kesuksesannya di ujian masuk PTN,” kata Fajrin dalam keterangan tertulisnya kepada Okezone, Jumat (1/6/2012).

…dst

3 ) Panitia SNMPTN perketat pengawasan cegah praktik joki
http://www.antaranews.com/berita/313594/panitia-snmptn-perketat-pengawasan-cegah-praktik-joki

Kamis, 31 Mei 2012 23:20 WIB
Padang (ANTARA News) – Panitia lokal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Padang akan memperketat pengawasan pelaksanaan ujian mengantisipasi terjadinya praktik perjokian di kalangan peserta.
“Untuk mencegah terjadinya praktik perjokian setiap peserta SNMPTN akan dilakukan pemeriksaan identitas berlapis mulai dari tanda peserta UN SMA, kartu ujian SNMPTN dan identitas terbaru,” kata kata Humas Panitia Lokal SNMPTN, Amril Amir di Padang, Kamis. Dikatakannya, jika ada peserta yang tertangkap menggunakan joki akan diproses secara hukum karena hal tersebut merupakan tindak pidana. “Jika tahun lalu aturan yang diterapkan terhadap peserta yang tertangkap menggunakan joki hanya tidak boleh mengikuti ujian, tahun ini akan langsung diproses ke pihak Kepolisian,” lanjut dia. Selain itu, kata dia, saat ini panitia tengah melakukan pembekalan khusus kepada pengawas agar dalam pelaksanaan ujian nanti lebih baik.

…dst

4 ) Unnes Perketat Seleksi SNMPTN Jalur Tulis
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/01/373/639613/unnes-perketat-seleksi-snmptn-jalur-tulis

Jum’at, 01 Juni 2012 13:03 wib
JAKARTA – Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengaku akan meningkatkan tingkat kewaspadaan pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Ujian Tulis dan Keterampilan dengan pilihan Unnes. Tahun ini, seleksi akan dilakukan lebih ketat dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini diungkapkan Pembantu Rektor I Unnes Agus Wahyudin dalam rapat koordinasi wilayah II SNMPTN di Jakarta, kemarin. Rapat ini diikuti sembilan utusan panitia lokal dan tiga PTN pencetak naskah ujian. Dia mengemukakan, hingga Kamis, 31 Mei pukul 12.00 WIB kemarin, pendaftar SNMPTN Jalur Tulis yang menempatkan Unnes sebagai pilihan ada 30.537 orang. “Dari jumlah itu, 12.757 pendaftar menempatkan Unnes pada pilihan pertama, 14.359 orang yang menempatkan Unnes di pilihan kedua, serta 3.421 memilih Unnes sebagai pilihan ketiga,” kata Agus, seperti disitat dari laman Unnes, Jumat (1/6/2012).

…dst

5 ) Kembalikan Pendidikan Pancasila dalam Kurikulum Nasional
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/01/10291878/Kembalikan.Pendidikan.Pancasila.dalam.Kurikulum.Nasional

Jumat, 1 Juni 2012 | 10:29 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Pendidikan Pancasila dipandang perlu untuk kembali dimasukkan dalam kurikulum nasional demi mempersiapkan anak didik menjadi warga negara dewasa yang bertanggung jawab, aktif, dan berani berinisiatif, memperkokoh keberagaman, menegakkan kedaulatan rakyat, dan memperjuangkan keadilan sosial. Tapi, mesti dikawal bersama agar pendidikan Pancasila tidak menjadi alat hegemonik kekuasaan seperti yang terjadi pada masa orde baru. Demikian pernyataan bersama Sekolah Tanpa batas dan Koalisi Pendidikan yang disampaikan di Jakarta, Jumat (1/6/2012), terkait peringatan hari lahir Pancasila yang jatuh hari ini. Aktivis Sekolah Tanpa Batas, Bambang Wisudo mengatakan, nilai-nilai Pancasila penting dimasukkan dalam kurikulum pendidikan dasar hingga tinggi.

…dst

6 ) Banyak Pelanggaran terhadap Nilai-nilai Pancasila
http://nasional.kompas.com/read/2012/06/01/00191155/Banyak.Pelanggaran.terhadap.Nilai-nilai.Pancasila

Jumat, 1 Juni 2012 | 00:19 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Penegasan Pancasila sebagai filosofi, ideologi, jiwa, dan pandangan hidup sudah final. Akan tetapi, dalam tahap pelaksanaan masih banyak ditemukan pelanggaran-pelanggaran yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila. Dari sekitar 400 pengaduan gugatan undang-undang (UU) yang masuk ke Mahkamah Konstitusi (MK), periode Agustus 2003 hingga Mei 2012, sekitar 27 persen di antaranya dibatalkan. Pembatalan dilakukan karena sebagian besar UU tersebut melanggar nilai-nilai Pancasila. Ketua MK Mahfud MD mengatakan, yang paling membahayakan saat ini bukan hanya korupsi uang atau kekayaan negara, melainkan juga korupsi dalam pembuatan peraturan dan kebijakan. Apabila korupsi seperti ini terjadi, maka akan timbul kasus korupsi yang berkesinambungan.

…dst

7 ) Pemimpin Melupakan Pancasila
http://nasional.kompas.com/read/2012/06/01/05413077/Pemimpin.Melupakan.Pancasila

Jumat, 1 Juni 2012 | 05:41 WIB
Jakarta, Kompas – Nilai-nilai keutamaan yang dikandung Pancasila tidak lagi menjadi acuan para elite politik. Pancasila sekadar tercantum dalam anggaran dasar/anggaran rumah tangga. Para elite malah terjebak dalam pragmatisme dan transaksionalisme. Keprihatinan tersebut diungkapkan, secara terpisah, oleh Sekretaris Eksekutif Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Konferensi Waligereja Indonesia Benny Susetyo Pr serta Pengasuh Pondok Pesantren Al Mizani Majalengka KH Maman Imanulhaq, Kamis (31/5).Pembiaran atas tindakan kelompok intoleran yang mencederai kehidupan beragama, menurut Maman, menunjukkan runtuhnya kehidupan bangsa yang berdasarkan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Sikap dan perilaku para elite politik pun terjebak dalam pragmatisme dan transaksionalisme. Hal ini terbukti dengan semakin panjangnya daftar koruptor dan kasus korupsi di lingkaran kekuasaan.

..dst

8 ) Kuota LPTK Dibatasi
Biaya Pendidikan Calon Guru Ditanggung hingga Lulus
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/01/09135943/Biaya.Pendidikan.Calon.Guru.Ditanggung.hingga.Lulus

Jumat, 1 Juni 2012 | 09:13 WIB
Biaya Pendidikan Calon Guru Ditanggung hingga Lulus
Jakarta, Kompas – Mulai tahun 2013, pemerintah bakal membatasi jumlah penerimaan mahasiswa baru di lembaga pendidik dan tenaga kependidikan di perguruan tinggi negeri dan swasta. Pemerintah menetapkan kuota sekitar 40.000 setiap tahun atau setara jumlah guru yang pensiun. “Kebutuhan guru sekitar 40.000 per tahun. Kalau menerima banyak, nanti lulusannya tak termanfaatkan,” kata Supriadi Rustad, Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di Jakarta, Kamis (31/5). Perubahan dalam penerimaan mahasiswa baru calon guru ini ditujukan untuk menjamin kualitas guru Indonesia di masa depan. Pemerintah bakal menanggung biaya pendidikan calon guru dari awal hingga lulus. Ketika lulus, mereka menjadi guru yang langsung berhak mendapatkan tunjangan profesi.

…dst

9 ) Inilah Panel Surya Karya Mahasiswa UI
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/31/20552611/Inilah.Panel.Surya.Karya.Mahasiswa.UI

Kamis, 31 Mei 2012 | 20:55 WIB
DEPOK, KOMPAS.com — Mahasiswa Teknik Kimia angkatan 2008 Fakultas Teknik Universitas Indonesia merintis penggunaan sumber energi alternatif photovoltaic sharging station atau yang biasa dikenal dengan istilah panel surya (solar panel). Mereka mengembangkan penggunaan panel surya sebagai sumber energi listrik dengan pemasangan instalasi modul phovoltaic cell di lingkungan Departemen Teknik Kimia FTUI. Proses instalasi proyek ini berlangsung tiga bulan, dari September hingga Desember 2011. Photovoltaic cell atau panel surya merupakan sumber energi alternatif yang menggunakan tenaga surya (sinar matahari) sebagai sumber energi. Dengan material dasar silikon, panel surya bekerja memanfaatkan sinar matahari yang diubah menjadi energi listrik. Model panel surya ini dapat menghasilkan sumber energi listrik yang ramah lingkungan karena tidak memproduksi gas karbon dioksida. Model ini memiliki usia penggunaan cukup lama, yakni 25-30 tahun.

…dst

10 ) Pemerintah Jangan Bedakan PTS
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/31/17371171/Pemerintah.Jangan.Bedakan.PTS

Kamis, 31 Mei 2012 | 17:37 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi), Suyatno meminta pemerintah untuk tidak mendikotomikan perguruan tinggi swasta (PTS) dengan perguruan tinggi negeri (PTN). Menurutnya, pemerintah memiliki kewajiban yang sama dalam membina PTS, termasuk dalam hal anggaran. “Jangan mendikotomikan, pemerintah sama-sama harus membina PTS,” kata Suyatno dalam musyawarah Aptisi wilayah DKI Jakarta, Kamis (31/5/2012), di Jakarta. Ia mengungkapkan, selama ini bantuan yang diberikan pemerintah kepada PTS masih jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan PTN. Tak jarang beberapa PTS hanya mendapatkan bantuan sumber daya manusia (dosen pengajar) sebagai upaya untuk meningkatkan mutu PTS itu sendiri. “Itulah mengapa banyak PTS yang akhirnya tidak mampu berkompetisi,” ujarnya. Rektor Universitas Dr Hamka itu menambahkan, pembedaan PTS juga nampak pada jatah penerima beasiswa bidik misi di PTS. Dengan hanya diberikan pada dua ribu mahasiswa miskin berprestasi, jumlah tersebut dinilainya sangat timpang dengan jumlah PTS itu sendiri.

…dst

11 ) Gelar Musyawarah, Aptisi Bahas Isu Aktual
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/31/14215835/Gelar.Musyawarah.Aptisi.Bahas.Isu.Aktual

Kamis, 31 Mei 2012 | 14:21 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) hari ini, Kamis (31/5/2012) menggelar musyawarah wilayah DKI Jakarta. Selain mengevaluasi kegiatan Aptisi selama satu periode, musyawarah yang dihadiri raturan peserta itu juga membahas isu-isu aktual pendidikan tinggi. Menurut Ketua Aptisi DKI Jakarta, Suyatno, salah satu isu aktual yang dibahas adalah mengenai Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU-PT). “RUU-PT masih sangat aktual karena semua stakeholders pendidikan terlibat dengan isu tersebut,” kata Suyatno. Selain RUU-PT, kata dia, isu lain yang menjadi topik utama dalam sidang pleno musyawarah Aptisi adalah mengenai sistem dan status akreditasi. Apalagi sampai saat ini masih ada sekitar enam ribu program studi yang tersebar di ribuan perguruan tinggi swasta (PTS) belum terakreditasi. Padahal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah mematok batas akhir proses akreditasi tersebut, yakni pada 16 Mei 2012 lalu.

…dst

12 ) RUU Perguruan Tinggi Terus Menuai Kecaman
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/31/323269/293/14/RUU-Perguruan-Tinggi-Terus-Menuai-Kecaman

Kamis, 31 Mei 2012 18:42 WIB
JAKARTA–MICOM: Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU-PT) yang dijadwalkan akan disahkan pemerintah dan DPR, Juni mendatang masih terkena batu sandungan. Selain mendapat penolakan dari Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI), juga dikritisi Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI). “Ya, kami masih terus mengkritisi RUU PT, intinya APTISI meminta perlakuan sama antara PTS dan PTN. Kami meminta keadilan sebab kalau masih terjadi perbedaan sebaiknya tidak ada RUU PT, yang ada adalah RUU PTS dan RUU PTN, masing-masing saja,” kata Sekjen APTISI Suyatno usai membuka Musyawarah Wilayah (Muswil) APTISI DKI Jakarta, di Jakarta, Kamis (31/5). Menurut Guru Besar Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) ini, dalam amanat konstitusi yang tercantum pada UU No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) tidak ada satu pasalpun payung hukumnya membuat undang-undang baru seperti UU PT melalui RUU PT. “Jadi pada UU Sisdiknas tidak ada itu amanat membuat UU baru seperti RUU PT ini, yang ada amanatnya adalah membuat Peraturan Pemerintah atau PP,” cetusnya.

…dst

13 ) PTN Tak Selalu Lebih Baik
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/31/367/639032/ptn-tak-selalu-lebih-baik

Kamis, 31 Mei 2012 14:25 wib
MEMBELUDAKNYA jumlah pendaftar serta kuota terbatas yang diterapkan untuk jurusan-jurusan favorit di perguruan tinggi membuat persaingan semakin ketat. Jumlah institusi pendidikan yang cenderung stagnan menyebabkan kompetisi tiap tahun pun terus meningkat. Dilema memasuki dunia perkuliahan terus melanda siswa yang baru saja lulus dari SMA. Kelulusan menjadi harga mati yang tak bisa ditawar lagi. Ujian nasional menjadi momok tersendiri bagi siswa-siswi bangsa. Setelah pengumuman kelulusan ujian nasional, masih ada tantangan yang harus dihadapi yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Perguruan tinggi memiliki peran strategis dalam mempersiapkan para mahasiswa untuk mengambil tanggung jawab di dalam masyarakat. Perguruan tinggi diharapkan dapat mengaktualisasikan potensi yang ada melalui beberapa program pengabdian pada masyarakat.

…dst

14 ) Oxford Undang Mahasiswa Indonesia
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/01/09422860/Oxford.Undang.Mahasiswa.Indonesia

Jumat, 1 Juni 2012 | 09:42 WIB
Oxford, Kompas – Universitas Oxford, Inggris, mengundang dosen, peneliti, dan mahasiswa Indonesia untuk belajar dan melakukan penelitian di Inggris. “Kerja sama ini akan menguntungkan kedua pihak, mulai dari pertukaran sumber daya ilmiah, pengenalan budaya, hingga membuka koneksi dengan jejaring ilmuwan global,” kata Wakil Rektor (Vice Chancellor) Universitas Oxford Andrew Hamilton saat menerima kunjungan delegasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia di Universitas Oxford, Inggris, Rabu (30/5). Wartawan Kompas, Zaid Wahyudi, dari London melaporkan, saat ini kerja sama akademisi dan peneliti Indonesia dengan Universitas Oxford sudah dilakukan dalam penelitian malaria dengan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman. Selain itu juga kerja sama penelitian berbagai hal tentang keindonesiaan dalam Proyek Asia Tenggara, Universitas Oxford.

…dst

15 ) Mahasiswa Bisnis RI Pecahkan Kasus Perusahaan
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/31/373/639212/mahasiswa-bisnis-ri-pecahkan-kasus-perusahaan

Kamis, 31 Mei 2012 17:20 wib
JAKARTA – Sejumlah mahasiswa S-1 dari berbagai perguruan tinggi se-Jabodetabek dan Jawa Barat ditantang untuk memberikan solusi terkait permasalahan di perusahaan lokal. Business Case Competition (BBC) tahunan besutan PPM School of Management ini mengusung tema “Future Business Leader: Innovate to Lead.” Tahun ini, BBC memberikan kasus yang melanda anak usaha PT TIKI Jalur Eka Nugraha (JNE), Pesanan Oleh-Oleh Nusantara (Pesona). Para peserta diminta untuk memikirkan sebuah strategi agar perusahaan ini meraup untung sesuai tujuan perusahaan yang telah ditentukan. Ketua Panitia Pelaksanaan BBC 2012 Pepey Riawati Kurnia menyebutkan, kasus yang dipilih sebagai isu yang dibahas dalam tiap BBC memang sengaja berasal dari perusahaan lokal. “Selain untuk memproduksi kasus-kasus perusahaan lokal sebagai bahan pembelajaran, ajang ini bertujuan mengasah kemampuan analisa mahasiswa dalam sebuah kasus bisnis,” ujar Pepey kepada Okezone di PPM School of Management, Tugu Tani, Jakarta Pusat, Kamis (31/5/2012).

…dst

16 ) UM Gandeng China Buka S-1 Double Degree
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/31/373/639005/um-gandeng-china-buka-s-1-double-degree

Kamis, 31 Mei 2012 19:05 wib
JAKARTA – Universitas Negeri Malang (UM) menjalin kerjasama internasional dengan Nanjing Normal University (NNU) China. Kedua belah pihak sepakat menggelar Program Gelar Ganda (Double Degree) jurusan Bisnis Internasional. Jurusan baru ini nantinya akan menjadi kolaborasi 2+2. Artinya, di dua tahun pertama, mahasiswa akan menempuh pendidikan di UM, dan dua tahun sisanya akan diselesaikan di NNU. Namun tentu saja, yang berhak menempuh sisa dua tahun studi di NNU hanya mahasiswa yang memenuhi standar kompetensi yang telah ditentukan UM dan NNU. Untuk input mahasiswa, UM yang akan merekrut para calon mahasiswa dengan standar yang telah ditentukan oleh NNU. Kurikulum jurusan ini terdiri dari 28 Sistem Kredit Semester (SKS) Pendidikan Umum, 30 SKS mata kuliah dasar, 56 SKS mata kuliah inti, dan 30 SKS mata kuliah pilihan. Beratnya usaha untuk masuk di jurusan ini akan sesuai dengan prospek yang dijanjikan. Salah satu keunggulan dari program kerjasama ini adalah para lulusannya mendapat pengakuan penuh dari pemerintah China. Tidak hanya itu, kamu akan mendapat dua gelar, yaitu Sarjana Ekonomi dari UM dan Bachelor of Economic dari NNU.

…dsr

17 ) Unhas-PNUP Ikut Kontes Robot di ITB
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/01/373/639451/unhas-pnup-ikut-kontes-robot-di-itb

MAKASSAR – Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) 2012 pada 28-30 Juni 2012 di Institut Teknologi Bandung (ITB). Selain Unhas dan PNUP, kontes itu juga diikuti perguruan tinggi lain di Kawasan Timur Indonesia (KTI), yakni STMIK Tarakanita (Tarakan, Kalimantan Timur), Universitas Tadulako (Palu), Poltek Banjarmasin, dan Universitas Nusa Cendana (Nusa Tenggara Timur). Mereka adalah yang terbaik dari 22 perguruan tinggi di Sulawesi, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. Kampus-kampus ini sebelumnya bersaing dalam kontes robot tingkat regional V di Makassar beberapa waktu lalu.

…dst

18 ) UGM Bangun Pusat Pelatihan Operator Alat Berat
http://www.tempo.co/read/news/2012/05/31/079407547/UGM-Bangun-Pusat-Pelatihan-Operator-Alat-Berat

KAMIS, 31 MEI 2012 | 22:05 WIB
TEMPO.CO, Yogyakarta – Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mulai membangun pusat pelatihan operator alat berat bersertifikat nasional yang berlokasi di SMK Negeri I Ngawen, Gunungkidul, DI Yogyakarta.
Pendirian pusat pelatihan itu merupakan hasil kerja sama Program Diploma Teknik Mesin Sekolah Vokasi UGM dengan PT Hexindo Adiperkasa, Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul, SMKN I Ngawen Gunungkidul, dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi. “Pusat pelatihan ini untuk mencetak SDM terampil yang memiliki kompetensi di bidang operasi serta perawatan alat berat seperti eskavator,” kata Ketua Program Diploma Teknik Mesin Sekolah Vokasi UGM, Wikan Sakarinto, saat acara peletakan batu pertama pendirian gedung Program Keahlian Teknik Alat Berat SMK Negeri I Ngawen, Kamis 31 Mei 2012.

…dst

19 ) Panitia Pemilihan Rektor UI Mulai Dibentuk
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/31/373/639219/panitia-pemilihan-rektor-ui-mulai-dibentuk

Kamis, 31 Mei 2012 17:27 wib
DEPOK – Menjelang pemilihan rektor Universitas Indonesia (UI), Majelis Wali Amanat (MWA) UI mulai membentuk panitia pemilihan rektor. Bulan Agustus mendatang, UI sudah harus memiliki rektor yang baru. Ketua MWA UI Said Agil Siradj mengatakan, panitia pemilihan rektor akan menjalankan tugas menjaring nama calon rektor. Tak hanya itu, lanjutnya, MWA juga sudah membahas soal kriteria calon rektor.
“Panitia pemilihan rektor hari ini mulai dibentuk, kemarin saat rapat MWA perdana juga sudah dibahas soal syarat-syarat calon rektor. Itu saja yang dibahas, belum ada yang lain,” ujarnya kepada wartawan di Rektorat UI, Kamis (31/5/2012). Selain itu, kata Said, MWA juga berkomitmen untuk menciptakan tata kelola UI yang lebih baik. Karena itu MWA membentuk panitia khusus untuk mewujudkan komitmen tersebut. “Tadi juga saat rapat dibahas soal tata kelola, kita bikin semacam pansus, kelembagaan hukum untuk membahas masalah tata kelola,” tegasnya.

…dst

20 ) Dukungan Usakti Jadi PTN Kian Menguat
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/31/373/638982/dukungan-usakti-jadi-ptn-kian-menguat

Kamis, 31 Mei 2012 13:25 wib
JAKARTA – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie mengapresiasi keinginan Universitas Trisakti untuk menjadi perguruan tinggi negeri. Hal ini terkait kekisruhan pengelolaan Universitas Trisakti antara pihak yayasan Trisakti dan pihak Forum karyawan Trisakti. “Kami mendukung Usakti menjadi PTN sehingga Usakti dapat menjadi role model bagi kampus-kampus swasta lain yang ingin menjadi kampus negeri,” kata Jimly dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (31/5/2012). Sebelumnya, para tokoh nasional menghadiri seminar bertajuk “Pendidikan Dapat Menjadi Sumber Masalah Kualitas dan Karakter Bangsa” yang digelar Universitas Trisakti pada 29 Mei lalu. Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang menjadi salah satu pembicara seminar mengungkapkan bahwa universitas harus mengikuti perkembangan ilmu yang ada, karena pendidikan dapat menjadi masalah apabila pendidikan itu berjalan stagnan.

…dst

21 ) Soal Rokok, UGM Tak Tegas
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/499655/

Friday, 01 June 2012
YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) diharapkan bisa bersikap tegas dan konsisten terhadap kebijakan pelarangan rokok masuk kampus yang telah dikeluarkan dalam Peraturan Rektor Nomor 77/PII/SK/HT/2005.
“UGM seharusnya memiliki sikap tegas terhadap campur tangan industri rokok di lingkungan universitas.Masuknya sponsorship dari industri rokok di lingkungan UGM belum lama ini menunjukkan kampus tidak konsisten dengan kebijakan yang sudah dikeluarkan,” kata Koordinator Quit Tobacco Indonesia Fakultas Kedokteran (FK) UGM Yayi Suryo Prabandari dalam jumpa pers peringatan Hari Tanpa Tembakau di kampus FK UGM, kemarin.

…dst

22 ) Tahun Ini Undip Terapkan Tarif Tunggal
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/31/188013/Tahun-Ini-Undip-Terapkan-Tarif-Tunggal

31 Mei 2012
SEMARANG- Universitas Diponegoro (Undip) akan menerapkan tarif tunggal masuk perguruan tinggi mulai tahun ini. Rektor Prof Sudharto P Hadi menyatakan, kebijakan itu berbeda dengan usulan yang disepakati dalam rapat koordinasi Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri (BKS PTN) se-Jateng dan DIY, di mana tarif tunggal dilaksanakan tahun depan. ”Mengapa tahun ini, karena kami prihatin terhadap tingginya biaya pendidikan yang selalu muncul tiap tahun. Selian itu, juga karena sumbangan-sumbangan,” katanya. Jika sebelumnya terdengar uang sumbangan masuk Fakultas Kedokteran (FK) hingga ratusan juta, dengan diterapkannya tarif tunggal, maka hal itu bisa ditiadakan. Yang ada tarif masuk seluruh fakultas di PTN menjadi seragam. Tidak dipungkiri dengan penerapan tarif tunggal ini, biaya pendidikan di perguruan tinggi terkesan mahal. Padahal, jika diakumulasikan, jumlahnya sama. Hanya saja, yang membedakan adalah komponen biaya perkuliahan, seperti Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) dan Sumbangan Pengembangan Manajemen Pendidikan (SPMP) yang biasa dibayar di awal kuliah, kini dibagi menjadi delapan kali pembayaran.

…dst

23 ) Selandia Baru tawarkan beasiswa untuk Indonesia
http://www.antaranews.com/berita/313531/selandia-baru-tawarkan-beasiswa-untuk-indonesia

Kamis, 31 Mei 2012 17:51 WIB
London (ANTARA News) – Duta Besar Selandia Baru untuk ASEAN, David Taylor, mengatakan bahwa Pemerintah Selandia Baru memberikan 50 beasiswa untuk tingkat strata 1, 2, dan doktoral setiap tahunnya kepada masyarakat Indonesia. Hal itu disampaikan Duta Besar Selandia Baru untuk ASEAN, David Taylor, pada pertemuan ke-13 ASEAN-New Zealand Joint Management Committee di Sekretariat ASEAN, ujar Sekretaris Dua Permanent Mission of Indonesia to ASEAN Iwan Nur Hidayat kepada ANTARA London, Kamis. Wakil Tetap Indonesia untuk ASEAN, Duta Besar Ngurah Swajaya menyambut baik inisiatif Pemerintah Selandia tersebut. Duta Besar Selandia Baru untuk ASEAN, David Taylor, pada pertemuan ke-13 ASEAN-New Zealand Joint Management Committee menyebutan hal ini merupakan salah satu flagship initiative kerjasama ASEAN-Selandia Baru di bidang pendidikan. Jumlah ini merupakan bagian dari 170 beasiswa setiap tahunnya yang disediakan pemerintah Selandia Baru kepada ASEAN sampai tahun 2015.

…dst

24 ) Novi Wulandari Mantap Pilih STIS
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/01/08453153/Novi.Wulandari.Mantap.Pilih.STIS

Jumat, 1 Juni 2012 | 08:45 WIB
LAMONGAN,KOMPAS.com – Peraih nilai ujian nasional terbaik ke-2 Nasional (58,50), Novi Wulandari, siswa SMA Negeri 2 Lamongan, mantap memilih kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik program diploma IV setara S1 dari Badan Pusat Statistik. Alasannya sederhana, dia tidak berpikir lagi soal pekerjaan setelah lulus, karena masuk program pendidikan ikatan kedinasan. Anak pasangan, Mohammad Mustakim (45) dan Sepi Setyawati (42) itu akan menjalani seleksi tahap II Sabtu (2/6) besok. Ia sudah lolos tes tulis, tinggal mengikuti seleksi tahap II dan III. “Tinggal tes wawancara dan psikotes saja,” ujarnya, Jumat (1/6). Sejak ramai diberitakan media, ayahnya penjaga toko dengan bayaran Rp 750.000 per bulan, ibunya pembantu rumah tangga dengan upah Rp 500.000 per bulan anak kedua dari dua bersaudara banyak menerima tawaran bantuan kuliah. Gadis kelahiran 18 Oktober 1993 itu juga diundang talkshow di stasiun televisi. Ia menyebutkan diantara tawaran itu dari Universitas Indonesia Depok, Universitas Gadjahmada Yogyakarta, Institut Teknologi Sepuluh November 1945 Surabaya, Universitas Airlangga Surabaya, dan Universitas Brawijaya Malang. UGM, ITS, Unbraw menawari biaya kuliah dan biaya hidup, bahkan ITS menawari pendidikan hingga S2.

…dst

25 ) Pemkab Bantu Biaya Kuliah Peraih Nilai UN Terbaik
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/01/08392570/Pemkab.Bantu.Biaya.Kuliah.Peraih.Nilai.UN.Terbaik

Jumat, 1 Juni 2012 | 08:39 WIB
LAMONGAN, KOMPAS.com – Siswa di Lamongan yang menorehkan prestasi dengan hasil nilai ujian nasional terbaik Nasional maupun Jawa Timur mendapatkan bantuan biaya kuliah dari Pemerintah Kabupaten Lamongan. Bupati Lamongan, Fadeli, Jumat (1/6/2012) menyatakan Dinas Pendidikan Lamongan diminta memantau beasiswa yang diberikan. Menurut Fadeli, sesuai aturan yang ada satu orang tidak boleh menerima dua beasiswa. Jika beasiswa yang diterima siswa hanya untuk biaya akademik (pendidikan), maka Pemkab Lamongan akan mencukupi untuk kebutuhan hidup. Jika beasiswa yang didapat untuk biaya akademik dan biaya hidup, Pemkab Lamongan akan mencukupi kebutuhan perangkat yang diperlukan untuk pendidikan termasuk buku-buku. Fadeli menjelaskan keberhasilan Lamongan dalam prestasi pendidikan tidak lepas dari peran guru, siswa, sekolah, dinas pendidikan dan media yang meliput. “Mereka yang berprestasi layak diapresiasi, apalagi dari keluarga tidak mampu,” kata Fadeli.

…dst

26 ) Tak Lulus UN, Kejar Paket C Jadi Pilihan
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/31/373/639087/tak-lulus-un-kejar-paket-c-jadi-pilihan

Kamis, 31 Mei 2012 15:06 wib
MANDAILING NATAL – Tidak lulus Ujian Nasional (UN) bukan akhir dari segalanya untuk berhenti melanjutkan pendidikan. Berbagai program pemerintah seperti kelompok belajar paket C bisa menjadi pilihan. Misalnya seperti yang terlihat di wilayah Mandailing Natal, Sumatera Utara, pascapengumuman kelulusan tingkat SMA. Pada Kamis (31/5/2012), sanggar Kelompok Belajar (SKB) cenderung lebih ramai dari biasanya. Banyak siswa yang tak lulus UN meneruskan pendidikan di sini demi memperoleh ijazah setingkat SMA. Selain mereka yang tak lulus UN, di sanggar belajar ini juga terdapat siswa yang putus sekolah atau terpaksa dikeluarkan dari sekolahnya akibat berkelakuan kurang baik. Kegiatan belajar di SKB ini berlangsung sama seperti belajar di bangku sekolah. Nmaun, para pengajar lebih memprioritaskan siswanya belajar memecahkan soal yang diujikan pada UN lalu.

…dst

27 ) Menkeu Tak Tahu Hambalang Jadi Multi Years
http://www.tempo.co/read/news/2012/06/01/063407586/Menkeu-Tak-Tahu-Hambalang-Jadi-Multi-Years

JUM”AT, 01 JUNI 2012 | 06:16 WIB
TEMPO.CO , Jakarta: – Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengaku tidak mengetahui kapan Kementeriannya menyetujui proyek pembangunan Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sarana Olahraga Nasional, di Bukit Hambalang, Sentul, Bogor, menjadi proyek multi years. “Saya tidak tahu, saya perlu periksa dulu,” kata Agus di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 31 Mei 2012. Penganggaran proyek Hambalang ditenggarai bermasalah. Sejumlah anggota Komisi Olahraga mengaku tak mengerti jika proyek ini didanai dengan skema tahun jamak. Mereka menyatakan anggaran proyek sebesar Rp 1,2 triliun tidak pernah disetujui oleh DPR. Namun, anggaran ini sudah keluar sejak APBN P 2010 lalu. Namun demikian, terkait dengan proses perubahan proyek Hambalang dari single years menjadi mulityears, Agus mengaku pihaknya siap untuk menjelaskan. Agus menyatakan yang lebih memahami hal tersebut adalah Direktorat Jenderal Anggaran. “Tapi kami dukung penuh kalau ada yang dibutuhkan dari Kementerian Keuangan,” katanya.

…dst

28 ) KESEPAKATAN GLOBAL
Indonesia Tetap Gunakan Vaksin Polio Oral
http://cetak.kompas.com/read/2012/06/01/0236379/indonesia.tetap.gunakan.vaksin.polio.oral

01 Juni 2012
Jakarta, Kompas – Indonesia mempertahankan penggunaan vaksin polio oral dalam sidang World Health Assembly ke-65. Perubahan jenis vaksin polio berimplikasi besar bagi negara-negara berkembang yang kebanyakan memakai vaksin polio oral. Terlebih lagi bagi Indonesia yang merupakan produsen vaksin polio oral dan mengekspor ke 118 negara. Draf resolusi World Health Assembly (WHA) tentang intensifikasi eradikasi global polio semula mencantumkan rujukan penggunaan inactivated poliovirus vaccine (IPV) untuk mencapai eliminasi polio tahun 2018. Ada dua vaksin polio yang digunakan, IPV yang diinjeksikan dan oral polio vaccine dalam bentuk pil atau cairan yang diberikan lewat mulut. Indonesia didukung negara berkembang lain keberatan dengan rujukan penggunaan IPV dan mempertahankan penggunaan vaksin polio oral. Sidang akhirnya mengadopsi resolusi dengan memasukkan usulan Indonesia, yakni menghapus rujukan mengenai IPV.
“Implikasi perubahan penggunaan vaksin polio sangat besar bagi Indonesia dan negara berkembang lain. Harga vaksin polio injeksi 50 kali lebih mahal dari harga vaksin polio oral,” kata Pelaksana Tugas Menteri Kesehatan Ali Ghufron Mukti dalam temu media, Kamis (31/5), di Jakarta.

…dst

29 ) Senjata penembak satpam IPB mirip organik kepolisian
http://www.antaranews.com/berita/313641/senjata-penembak-satpam-ipb-mirip-organik-kepolisian

Jumat, 1 Juni 2012 10:54 WIB
Bogor (ANTARA News) – Kepala Polisi Resor Bogor, AKBP Hery Santoso, mengungkap, senjata revolver pelaku penembakan satpam Institut Pertanian Bogor (IPB) mirip senjata organik kepolisian. “Kami tengah menyelidiki hal ini. Dimulai dari melacak nomor seri,” katanya, di Mapolres Bogor, Jumat. Satu revolver yang menjadi senjata organik polisi adalah Colt .38 buatan pabrikan Colt, Amerika Serikat. Selain senjata revolver, polisi juga mengamankan satu unit senjata rakitan, lima selongsong peluru, 12 kunci later T. Dua tersangka yang kini ditahan adalah MH yang juga pelaku pencurian dan AS, adik MH. Polisi masih memburu U, pelaku penembakan satpam IPB itu.

…dst