1 ) Kemendibud Dinilai Lamban Urus Akreditasi Kampus
http://www.tempo.co/read/news/2013/12/29/079540813/Kemendibud-Dinilai-Lamban-Urus-Akreditasi-Kampus

Minggu, 29 Desember 2013 | 17:02 WIB
TEMPO.CO, Yogakarta – Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI), Edy Suandi Hamid mengkritik kelambanan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Dirjen Pendidikan Tinggi dalam mempersiapkan infrastruktur akreditasi institusi dan program studi kampus negeri dan swasta. Padahal, dalam UU Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, ada ketentuan yang menyebutkan pada pertengahan 2014 mendatang, atau dua tahun setelah UU itu disahkan, semua kampus yang beroperasi harus memiliki akreditasi institusi dan program studi. “Sudah makin dekat, tapi persiapannya minim, saya ragu aturannya bisa benar-benar diterapkan,” kata Edy, Ahad 29 Desember 2013. Edy mengatakan program APTISI untuk membentuk Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM), yang menerima wewenang memberi akreditasi program studi di kampus swasta, mandeg karena kelambanan Kemendikbud. Sampai sekarang, dia melanjutkan, belum ada peraturan menteri untuk menjabarkan banyak hal detail sebagai kerangka kelembagaan dan pola kerja LAM. “LAM mandeg karena kami baru menyusun konsep umumnya saja, perlu ada peraturan menteri turunan UU Dikti tersebut,” kata Edy.

…dst

2 ) Dikti anggarkan Rp40 miliar bangun Akademi Komunitas
http://www.antaranews.com/berita/411462/dikti-anggarkan-rp40-miliar-bangun-akademi-komunitas

Sabtu, 28 Desember 2013 07:46 WIB
Samarinda (ANTARA News) – Pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Dikti) menyiapkan anggaran Rp40 miliar untuk pembangunan kampus Akademi Komunitas (AK) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.Kepala Disdikpora Kabupaten Penajam Paser Utara, Khaeruddin, Jumat, mengatakan anggaran tersebut khusus untuk pembangunan kampus sementara fasilitas penunjang tetap menjadi tanggungjawab pemerintah kabupaten setempat.Disdikpora, kata Khaeruddin, terus melakukan persiapan pendirian Akademi Komunitas tersebut yang rencananya akan mulai menerima mahasiswa pada 2014. Pada tahap awal lanjut Khaeruddin, Akademi Komunitas akan membuka tiga jurusan yakni, Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Teknik Otomotif Ringan, dan jurusan Kehutanan.”Pada tahap awal, mahasiswa yang akan diterima sebanyak 260 orang untuk tiga jurusan. Akademi Komunitas ini nantinya tidak hanya terpusat di Penajam, tapi kegiatan perkuliahan akan dilaksanakan di tiga kecamatan untuk lebih memudahkan mahasiswa, terutama yang jauh dari Kota Penajam,” ungkap Khaeruddin.

…dst

3 ) Universitas Pendidikan Indonesia Bantu Evaluasi Program Kerjasama Edukasi Sains Indonesia Australia
http://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/1975

12/27/2013
Bandung, Jawa Barat — Tahun 2013 ini SEAMEO Qitep in Science melaksanakan program pengembangan guru sains  melalui program PROGRESIA (Program Kerjasama Edukasi Sains Indonesia Australia). Program ini dievaluasi oleh peneliti independen dari UPI (Universitas Pendidikan Indonesia). Melalui PROGRESIA, staf Qitep in Science mengembangkan buku siswa dan guru untuk pelajaran sains yang berdasarkan proses. Dengan menggunakan buku tersebut, pembelajaran di kelas akan menyerupai proses yang dilakukan oleh para saintis menemukan pengetahuan. Dimulai dari proses mengajukan pertanyaan, mengajukan jawaban sementara, mengumpulkan data, menyimpulkan, dan melaporkan hasilnya. PROGRESIA dilaksanakan bekerjasama dengan Science by Doing, Australia, dengan bantuan dana AusAid. Pelaksanaan pilot ini melibatkan 10 SMP di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat, 50 guru sains dan 3.000 siswa dari ke-10 sekolah tersebut. Pelaksanaan program ini juga dievaluasi oleh peneliti independen dari UPI (Universitas Pendidikan Indonesia).

…dst

4 ) UAD Bangun Kampus Utama Senilai Rp 600 Miliar
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/12/29/myj8g4-uad-bangun-kampus-utama-senilai-rp-600-miliar

Minggu, 29 Desember 2013, 02:50 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Pertengahan 2014 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta akan mulai membangun kampus Utama di Ringroad Selatan Yogyakarta. Kampus baru yang akan mulai dibangun Mei 2014 ini diperkirakan menelan dana Rp 600 Milyar. Pembangunan kampus utama ini akan dimulai dengan pembangunan tower 10 lantai.Menurut Rektor UAD, Kasiyarno, tower tersebut akan digunakan untuk ruang kuliah dan auditorium utama. Selain itu juga akan dibangun hotel di kawasan tersebut. “Pembangunan kampus utama ini akan dilakukan bertahap dan akan selesai dalam 4-5 tahun ke depan,” ujarnya saat membacakan laporan tahunan pada Sidang Senat Terbuka Milad ke 53 UAD di Kampus I, Yogyakarta, Sabtu (28/12).Menurut Kasiyarno, kampus utama UAD ini diperkirakan akan mampu menampung 15 ribu mahasiswa. Saat ini kampus UAD tersebar di empat tempat di Yogyakarta. Dengan pembangunan kampus Utama ini maka ke depan, kegiatan perkuliahan di UAD akan terpusat di kampus tersebut. Sedangkan kampus lainnya akan digunakan untuk pengembangan pendidikan dan usaha UAD.

…dst

5 ) UAD Akan Buka Perwakilan di Cina
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/12/28/myiez9-uad-akan-buka-perwakilan-di-cina

Sabtu, 28 Desember 2013, 16:29 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA–Universitas Ahmad Dahlan berencana membuka perwakilan di Cina. Pendirian perwakilan di Cina merupakan respon atas tingginya minat mahasiswa Cina kuliah di UAD, serta untuk mendukung berbagai bisnis yang dikembangkan kampus ini. Rektor UAD Kasiyarno menyatakan bahwa dengan memiliki unit usaha, UAD tidak hanya mengandalkan pemasukan dana dari mahasiswa saja tetapi dari usaha-usaha tersebut. Unit usaha yang dibangun UAD ini antara lain, membangun SPBU, membangun perumahan di Bekasi, pembangunan gedung exsekutif development center di depan Kampus I UAD untuk kegiatan pelatihan, workshop dan hotel serta pendirian Halal Foodcourt UAD di Cina ASEAN Plaza bekerjasama dengan Islamic Association di Cina. “Tahun depan kita akan mendirikan kantor perwakilan di Cina. Nah Halal Foodcourt ini akan berkolaborasi dengan kantor perwakilan kita tersebut,” katanya. Pendirian kantor perwakilan UAD di Cina sendiri dilakukan karena minat mahasiswa China kuliah di UAD cukup tinggi. Saat ini jumlah mahasiswa asing yang kuliah di UAD sebanyak 116 orang naik signifikan dari 2012 yang hanya 99 orang. Sebagian besar mahasiswa asing di UAD berasal dari Cina.

…dst

6 ) Dua Fakultas di Unila Raih ISO 9001:2008
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/12/27/myh1dw-dua-fakultas-di-unila-raih-iso-90012008

Jumat, 27 Desember 2013, 22:28 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Setelah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), giliran Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung (Unila), akhirnya meraih International Organization for Standardization (ISO) 9001:2008. Penyerahan sertifikat dilakukan Rektor Unila Prof Dr Sugeng P. Harianto di Gedung Serba Guna (GSG) Unila, Senin (23/12) lalu. Dekan FMIPA Unila, Prof Suharso, di Bandar Lampung, Jumat (27/12), mengatakan dalam penilaian untuk mendapatkan ISO tersebut dilakukan audit mulai dari pimpinan fakultas, tim ISO FMIPA, bidang akademik, bidang umum dan perlengkapan, bidang kemahasiswaan dan bidang keuangan dan kepegawaian. “Kami berharap FMIPA bisa menjalankan tupoksinya dengan baik dan semakin meningkatkan kualitas fakultas menjadi lebih baik,” katanya. Dalam kesempatan tersebut, dekan selaku pimpinan fakultas member apresiasi kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam peraihan sertifikasi ISO tersebut.

…dst

7 ) ITB Terima 3.600 Mahasiswa di 2014
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/12/29/myk0fo-itb-terima-3600-mahasiswa-di-2014

Minggu, 29 Desember 2013, 12:55 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG—Institut Teknologi Bandung (ITB), siap menjalankan program beasiswa bidik misi khusus yang dibuat oleh Pemprov Jabar. Menurut Rektor ITB, Akhmaloka, pada 2014 jumlah siswa yang akan diterima oleh ITB sebanyak 3.600 mahasiswa. Jumlah tersebut, naik sekitar 50 sampai 100 orang bila dibandingkan dengan mahasiswa di proses penerimaan mahasiswa baru 2013. ‘’Kami siap menjalankan program bidik misi Pemprov Jabar. Kami kan ada di Jabar jadi  ingin bantu Jabar,’’ ujar Akhmaloka kepada wartawan akhir pekan lalu. Menurut Akhmaloka, untuk program bidik misi yang di buat Pemprov Jabar, ITB siap menerima  50 sampai 100 orang.  ‘’Saya sudah sampaikan ke Disdik Jabar, termasuk untuk program, beasiswa pelopor dan bidik misi kami siapkan kuota 50 sampai 100 no problem,’’ katanya.

…dst

8 ) Latihan 4 Bulan, Madah Bahana UI Siap All Out
http://kampus.okezone.com/read/2013/12/28/373/918628/latihan-4-bulan-madah-bahana-ui-siap-all-out

Minggu, 29 Desember 2013 09:05 wib
JAKARTA – Prestasi sebagai juara umum Grand Prix Marching Band (GPMB) 2010 tidak membuat marching band kampus ini jumawa. Sebaliknya, Madah Bahana Universitas Indonesia (UI) justru tetap maksimal mempersiapkan diri dalam GPMB 2013.Meski begitu, tim beranggotakan 111 orang ini hanya memiliki waktu empat bulan persiapan, tepatnya sejak Agustus lalu. Padahal biasanya mereka bersiap hingga setahun sebelum GPMB. Penyebabnya, kata Humas MBUI Reina Restianti Amin, mereka harus membagi waktu dengan berbagai proyek lain.”Misalnya proyek Madah Bahana in Konsep 2 yang diadakan Juli lalu. Proyek ini merupakan proyek untuk mendukung kemampuan anak-anak dan finansial MBUI,” ujar Reina saat berbincang dengan Okezone, belum lama ini.

…dst

9 ) Remunerasi Kemendikbud Bukan untuk Guru dan Dosen
http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=207653

Kamis, 26 Desember 2013 , 00:34:00
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) baru saja ditetapkan sebagai instansi penyelenggara reformasi birokrasi. Sebagai kompensasinya, pegawai di lingkungan Kemendikbud mendapatkan tunjangan kinerja atau remunerasi hingga Rp 19,3 juta per bulan. Program reformasi birokrasi di lingkungan Kemendikbud ditetapkan berdasarkan Peraturan Presiden (Prepres) 88/2013. Penetapan ini merupakan satu paket dengan program reformasi birokrasi di lingkungan instansi pusat lainnya. Seperti di Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Badan Intelejen Negara (BIN), serta di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans).Dalam aturan reformasi birokrasi Kemendikbut itu, ditentukan pula soal tunjangan kinerja atau biasa disebut remunerasi. Diantaranya adalah tunjangan tersebut dibayarkan setiap bulan terhitung mulai Juli 2013 lalu. Pemberian tunjangan kinerja atau remunerasi untuk Kemendikbud ini sempat menimbulkan harapan besar bagi pegawai yang diangkat menjadi pejabat fungsional guru dan dosen. Sebab mereka akan mendapatkan banyak tunjangan, karena sebelumnya sudah mendapatkan tunjangan sertifikasi. Pada umumnya guru adalah PNS pemda setempat, tetapi ada juga guru berstatus PNS Kemendikbud.

…dst

10 ) Wuih, Belajar Kedokteran di RI Termurah di Dunia
http://kampus.okezone.com/read/2013/12/27/373/918245/wuih-belajar-kedokteran-di-ri-termurah-di-dunia

Sabtu, 28 Desember 2013 10:03 wib
JAKARTA – Banyak mahasiswa Indonesia “berlomba” untuk bisa kuliah di luar negeri. Di samping kuliah di luar negeri lebih bergengsi, tak sedikit pula mereka yang menimba ilmu di sana karena meraih beasiswa. Padahal, universitas di Indonesia juga tak kalah bagusnya dengan kampus luar negeri. Bahkan, jurusan kedokteran di Indonesia ramai peminat dan disukai warga Malaysia. Jurusan kedokteran ini lebih dipilih anak-anak muda Malaysia karena biaya untuk masuk ke jurusan tersebut merupakan yang termurah di dunia. Wow.”Belajar kedokteran di Indonesia termurah di dunia, lebih murah dari India atau Mesir. Ijazah mereka (universitas di Indonesia) terpercaya,” ungkap Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Datuk Seri Zahrain Mohamed Hashim saat berbincang dengan Okezone, di Kantornya, belum lama ini.

…dst

11 ) Malaysia Akan Permudah Visa Bagi Mahasiswa Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2013/12/27/373/918251/malaysia-akan-permudah-visa-bagi-mahasiswa-indonesia

Sabtu, 28 Desember 2013 11:11 wib
JAKARTA – Pemerintah Malaysia berjanji akan mempermudah visa pelajar Indonesia ke Malaysia. Kemudahan tersebut akan diwujudkan pada penandatanganan perjanjian (memorandum of understanding/MoU) antara kedua negara.”Baru-baru ini kita telah setuju ada MoU keluarnya visa untuk mempermudah pelajar dari kedua negara,” ujar Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Datuk Seri Zahrain Mohamed Hashim saat berbincang dengan Okezone, di Kantornya, belum lama ini.Saat ini, mahasiswa Indonesia di Malaysia tercatat sebesar 14 ribu, sementara mahasiswa Malaysia di Indonesia sekira 5.000 orang. Melihat banyaknya peluang tersebut, kerja sama di bidang pendidikan pun terus digiatkan.

…dst

12 ) Beasiswa S-2 di Vrije Universiteit, Belanda
http://kampus.okezone.com/read/2013/12/28/368/918682/beasiswa-s-2-di-vrije-universiteit-belanda

Minggu, 29 Desember 2013 11:13 wib
JAKARTA – Vrije Universiteit (VU) Amsterdam menawarkan VU Fellowship Programme (VUFP) untuk jenjang S-2 di Belanda. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah dan berbagai tunjangan studi, biaya hidup hingga asuransi.Fellowship diberikan untuk meraih gelar master dalam bidang apa saja yang disediakan oleh VU, Amsterdam. Pelamar harus menunjukkan kemampuan akademik yang baik, telah diterima di program S-2 di VU, tidak memiliki gelar S-2 dari perguruan tinggi Belanda dan bukan warga negara Belanda.Mahasiswa S-2 yang telah menjalani perkuliahan selama setahun tidak boleh mendaftar beasiswa ini untuk tahun kedua. Mahasiswa yang pernah menerima beasiswa VUFP juga tidak boleh melamar.Beasiswa akan diberikan dalam tiga periode selama setahun. Perlu diingat, beasiswa  ini tidak menutupi semua kebutuhan hidup para scholar.

…dst

13 ) Survei UI: Risma Potensial Saingi Jokowi di Pilpres 2014
http://news.detik.com/read/2013/12/29/162433/2453403/10/survei-ui-risma-potensial-saingi-jokowi-di-pilpres-2014?ntprofil

Minggu, 29/12/2013 16:24 WIB
Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo selalu menduduki posisi nomor wahid dalam beberapa survei elektabilitas dan popularitas capres 2014. Namun ada beberapa tokoh yang mampu menyaingi Jokowi. Tokoh yang dinilai paling potensial menyaingi Jokowi adalah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. “Kehadiran Jokowi menjadikan pola capres berubah dan kurang sehat, Jokowi harus dilawan dengan kandidat-kandidat lain. Di antara kedua belas lawan tanding Jokowi, Risma menduduki pesaing teratas,” kata Ketua Laboratorium Psikologi Politik UI, Hamdi Muluk dalam surveinya bertema “Siapa lawan tanding Jokowi” di Hotel Morissey, Jl Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu (29/12/2013). Responden survei ini adalah 61 pakar yang terdiri dari akademisi, pengamat politik, tokoh pers, LSM, konsultan politik, politikus, profesional serta pemuda atau mahasiswa. Survei diadakan dengan Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Amaris, Jakarta Selatan pada 19 November 2013 lalu. Metode statistik yang digunakan yaitu Delphi Methods, metode tersebut merupakan cara untuk mendapatkan informasi membuat keputusan, menentukan indikator, parameter, dan reliabel dengan mengeksplorasi ide. Dalam hal ini menggunakan penilaian dengan angka 1 yaitu paling rendah hingga tertinggi yaitu 10.

…dst

14 ) Waduh, Dr. Han Palsukan Riset Jutaan Dolar
http://kampus.okezone.com/read/2013/12/28/373/918566/waduh-dr-han-palsukan-riset-jutaan-dolar

Sabtu, 28 Desember 2013 17:12 wib
IOWA – Peneliti di Iowa State University (ISU) mengundurkan diri setelah diselidiki atas dugaan pemalsuan riset. Dr. Dong-Pyou Han, memalsukan riset tentang AIDS senilai jutaan dolar yang didanai pemerintah federal.Asisten dosen dalam bidang ilmu biomedis di ISU ini menambahkan komponen darah manusia ke dalam darah kelinci untuk memberi kesan bahwa sebuah vaksin berhasil memerangi human immunodeficiency virus (HIV), penyebab penyakit acquired immunodeficiency syndrome (AIDS). Han bekerja dalam tim riset yang dipimpin ahli biomedis, Profesor Michael Cho. Tetapi, aksi Han ini tidak diketahui anggota tim lainnya. Demikian dilansir Huffington Post, Sabtu (28/12/2013).Baik Han maupun Cho datang ke ISU dari Case Western University pada 2009. Riset keduanya telah berhasil menggalang dana pemerintah federal setidaknya USD19 juta atau setara dengan Rp232,7 miliar (Rp12.250 per dolar).

…dst